Saturday, November 29, 2008

"cina brengsek!"

itu pertama kalinya gua dapet perlakuan rasis secara langsung
kejadian itu dah beberapa bulan yang lalu, dah cukup lama
sedih, kesel, pengen marah, macem2 perasaannya
just for your information gua bukan cina
bokap gua asal joga, nyokap gua asal wonosari (deket2 sragen)
tapi temen2 gua ada yang cina, cewek gua malah cina
orang2 rasis masih banyak di dunia ini

gua kerja di temen gua dan salah satu tetangga mereka ada yang entah kenapa jadi dengki ke keluarga temen gua,
perlakuan rasis, manggil2 polisi, orang pajak, dll
pokoknya gangguin usaha temen gua
pernah ampe nabrakin mobilnya ke mobil temen gua

suatu hari gua mau pulang dan kebetulan tetangga itu pulang entah dari mana
turun dari mobil dia langsung teriak
yup.. kata2 itu yang keluar dari mulutnya

just for your information juga...
tetangganya ini adalah seorang prodiakon di salah satu gereja di bandung
dia juga pernah jadi ketua lingkungan di lingkungan rumahnya
yah kalo dibilang cukup aktif lah di lingkungan gereja
waktu acara pentahbisan uskup bandung dia juga jadi panitia

yah mau seaktif apapun di gereja dan di lingkungan tapi kalo rasis dan hatinya penuh dengan kebencian mah sama aja bohong, am i right?
dari yang gua tau entah bener ato enggak, pastur di gereja tempat dia aktif juga tau soal kelakuan orang itu
apakah dia dah ngaku dosa ke pastur ato belum gua gak tau
satu hal yang pasti...
dia masih rasis

hari ini...
tadi gua ke gudang kantor karna suatu hal
kantor ama gudang kantor tuh dipisahin ama rumah nih tetangga yang baik hati ini
kalo ke gudang gua pasti ngelewatin rumah dia
and guest what?
dia masih ngata2in gua cina
sambil dia pura2 batuk sambil buang dahak trus bilang "cina"

rasanya pengen nonjok, ngapa2in mobilnya, dll
tapi rasanya gak bijaksana
ntar temen gua malah makin diapa2in

pengen bilang ama dia kalo gua bukan cina
bilang kalo gak percaya, tanya aja ama pastur D****, beliau salah satu pastur di gereja dia, dan kenal ma nyokap gua

fyi lagi pastur tersebut dah katakanlah senior di gereja dia dan beliau pernah melayani di gereja gua
dan kala itu nyokap gua lagi aktif2nya di gereja
pastur itu dan nyokap gua kenal baik
malah gua ma kakak gua dulu suka manggil dengan "om"

dulu waktu gua rawat inap di boromeus selama 3 bulan, pasti pastur itu nengok gua
pastur itu punya kelainan jantung dan ngecek jantungnya secara teratur di boromeus

tetangga yang baik ini pensiunan dosen
dosen dimana gak usah disebut lah ya

ironis gak sih...
seorang pendidik dan aktifis gereja
tapi dibalik semua itu hatinya penuh kebencian
post power syndrom kali ya
semasa jadi dosen punya kuasa
tapi setelah pensiun kehilangan kekuasaan
jadinya kompensasinya kemana2 dan negatif
entah ada kejadian apa yang bikin dia kayak gitu



"Words which do not give the light of Christ increase the darkness"
Mother Theresa

2 comments:

Anonymous said...

bagaimana gw tau kalau lu bener-bener bukan cina ngaku pacaranya cina?

Cina rasis, yah dirasisin

cina mendomanisai, yah dirasisin

ada aksi, maka selalu ada reaksi.

cina ngesteroatif pribmu, tentu saja pribumi melawan.

cina nganggap pribumi iri karena miskin. yah tentu pribumi ngerasisin.

kepentingan pendatang cina bentrok dengan kepentingan pribumi. Mereka menyolid kompak besikap sebagai ras. Pribumi pun mengadaptasi.

sejarah bangsa kita, adalah sejarah panjang dirasisin bangsa lain. PAdahal tanah-tanah kita.

Anonymous said...

cina emang seakan harus dirasiskan.. lu liat aja cina semuanya blagu
dan seakan pnya ikatan batin diantara mereka.. bayangin aja di tmpat gua kerja, pribumi 18 tahun kerja cm jadi staff, smentara anak ingusan baru kerja 6 bulan langsung jd spv, padahal jauh kemana2 kerjaannya bagus si pribumi, itu krna yg pnya perusahaan itu orang cina, padahal anak ingusan itu sm yg pnya perusahaan ga ada hubungan sodara apa2

fu*k lah cina, emang harus di rasiskan.. kalo lu salah satu cina yang emang baik2 dan blagu, mau gmn lagi, imagenya udah bgtu